Pentingnya Zat Gizi dan Nutrisi Pada Pakan Ayam Kampung

Lintas Ternak – Apakah anda budidaya ayam kampung ? Salah satu hal yang harus anda perhatikan adalah nutrisi pada pakan ayam kampung.Nutrisi pada pakan haruslah tercukupi,agar ayam kampung yang anda ternak bisa tumbuh dengan baik.Hal ini banyak diabaikan oleh para peternak ayam kampung pemula.Masih banyak dari mereka yang memberikan pakan tanpa memperhatikan kandungan nurisi didalamnya.Dibawah ini hal-hal yang perlu anda perhatikan mengenai nutrisi pada pakan :

1.Nutrisi lengkap namun jumlahnya kurang

Artinya pakan yang komplit namun diberikan tidak sesuai dengan porsinya,maka ayam tetap akan tumbuh tidak baik (kurus).Karena ayam kampung hanya makan sedikit secara terus-menerus setiap hari.

2.Nutrisi pada ransum pakan akan maksimal jika ditopangoleh nutrisi yang lain

Artinya jika protein tinggi dalam pakan tidak akan berguna jika ditambah dengan zat karbohidrat ,serat,lemak dan air.

3.Kekurangan nutrisi ayam akan mencari sendiri

Artinya ayam yang dikandangkan akan kemana jika akan mencukupi kebutuhan nutrisi yang tidak terdapat pada pakan ? Akibatnya ayam akan bertingkah seperti mematuk kandang,mengkais tanah dan lebih parah lagi kanibal (memakan temannya).Jika itu masih kurang ayam akan makan apa saja yang dijumpai.(Hal ini sangat rentan dengan penyakit) karena pakan yang dimakan belum tentu steril.

4.Protein itu sebenarnya adalah inti

Memang pakan yang mengandung protein tinggi belum tentu jaminan menambah berat badan ayam.Banyak para peternak tidak memberikan protein hanya memberikan serat seperti jagung,bekatul dan dedaunan.Hal ini salah besar ayam tetap membutuhkan protein hewani dan tumbuhan.

Nutrisi pakan ayam kampung

Sedangkan pemahaman tentang pentingnya nutrisi bagi pertumbuhan ,perkembangan dan kesehatan ayam diperlukan untuk menyusun pakan.Berikut adalah zat gizi yang diperlukan ALPU dalam bahan pakan.

1.Mineral

Mineral merupakan bahan essensial yang harus tersedia didalam pakan dengan imbangan yang sesuai .Kebutuhan mineralnya adalah sebagai berikut :

a.)Garam ,sperti sodium dan klor
b.)Mikromineral seperti seng,besi,selenium dan magnesium
c.)Makromineral seperti kalsium dn fosfor

2.Kebutuhan Vitamin

Pada umunya vitamin pada pakan ayam kampung berbentuk sintetis.Zat tersebut berfungsi sebagai koenzim untuk menunjang aktivitas metabolisme sehingga mampu untuk menghasilkan produktivitas maksimal.Sama seperti jenis unggas yang lain ,ALPU membutuhkan berbagai macam jenis vitamin didalam pakan,sebagai berikut :

a.)Water soluble (vitamin yang larut didalam air),misalnya vitamin B (riboflavin dan biotin) dan C.
B.)Fat soluble (vitamin yang larut dalam lemak),yaitu vitamin D3,vitamin A,vitamin K DAN vitamin E.

3.Kebutuhan Protein

Biasanya pakan unggas, termasuk ALPU, dikenal dengan kandungan protein kasar (crude protein). Sumber utama protein nabati untuk pakan ALPU adalah kacang kedelai dan jenis biji-bijian lainnya. Sementara itu, protein hewani berasal dari tepung daging, limbah ternak, dan tepung ikan. Protein asal hewani mengandung asam amino yang lebih baik dibandingkan biji-bijian, tetapi relatif lebih mahal. Untuk unggas, dikenal terdapat 10 asam amino esensial, di antaranya yang paling penting adalah metionin, lisin, triptofan, dan treonin.

4.Kebutuhan Lemak (Fat)

Lemak merupakan bahan nutrisi ALPU yang tergolong penting sebagai penyedia energi dan harus tersedia dalam pakan. Namun, lemak tidak terlalu esensial. Contohnya adalah asam linoleat. Lemak juga berfungsi untuk mengurangi sifat berdebu pakan (dustiness). Sumber lemak di dalam pakan ALPU dapat berasal dari lemak hewan (animal fat) maupun lemak tumbuhan (vegetable oils). Biasanya sumber lemak hewani murah dan mudah di dapat. Namun, lemak tersebut dapat mengganggu pencernaan, khususnya pada ALPU periode pertumbuhan jika tidak digunakan dengan tepat.

5.Kebutuhan Energi

Energi merupakan bahan nutrisi yang sulit diukur, tetapi sangat penting dan relatif mahal. Konsep ketersediaan energi dalam pakan ALPU adalah jika kandungan energi terlalu tinggi (high energy ration), akan menyebabkan menurunnya jumlah konsumsi (low feed intake). Sebaliknya, pakan dengan kandungan energi yang rendah (low energy ration) akan dikonsumsi lebih banyak (high feed intake).Pakan ayam kampung mengandung sumber energi antara lain jagung,polar,onggok dll.

Demikianlah uraian singkat kandungan gizi dan nutrisi pada pakan ayam kampung.Semoga artikel diatas dapat memberikan wawasan anda tenatng kandungan gizi dan nutrisi pada pakan ayam.Jika hal itu tercukupi dengan baik,maka ayam kampung yang akan anda ternak akan tumbuh dengan baik.Alhasil panen anda akan melimpah.Semoga bermanfaat.
.
.

0 Response to "Pentingnya Zat Gizi dan Nutrisi Pada Pakan Ayam Kampung"

Posting Komentar