Mengenal Jenis Pakan Ayam Kampung Pedaging dan Petelur Berdasarkan Usia

Lintas Ternak Mengenal Jenis Pakan Ayam Kampung Pedaging dan Petelur Berdasarkan Umur - Beternak ayam kampung pedaging memang masih sangat terbuka lebar,mengingat dari tahun ke tahun permintaan daging ayam kampung dipasaran selalu meningkat tajam.Bayangkan berapa banyak rumah makan yang membutuhkan suplai daging ayam kampung setiap harinya.Namun dalam menjalankan bisnis ternak ayam kampung pedaging gampang-gampang susah.Apalagi anda sebagai pemula harus menggali banyak pengalaman untuk lebih mengenal karakter dari ayam tersebut untuk meminimalisir kematian.

Salah satu kunci sukses beternak ayam kampung pedaging adalah pemeliharaan salah satunya dalam hal pakan.Pakan ayam dibedakan beberapa jenis dan disesuaikan dengan umur.Mulai dari doc,dara maupun panen jenis dan takaran pakan pasti berbeda.Kesalahan yang banyak dilakukan pemula tidak memperhatikan dalam hal tersebut.Untuk itu admin akan mengajak kawan-kawan smua untuk lebih mengenal jenis pakan ayam kampung pedaging berdasarkan umur.Perhatikan dibawah ini :

1.Jenis Pakan Ayam Pre-Starter

Apa yang dimaksud Pre-Starter ? Pre-Starter adalah jenis pakan ayam pertama yang diberikan pada ayam kampung yang baru berumur 1 – 7 hari.

2.Jenis Pakan Ayam Starter

Starter adalah jenis pakan ayam kampung kedua yang diberikan pada ayam yang sudah menginjak umur 8 – 21 hari (3 minggu)

3.Jenis Pakan Ayam untuk Finisher

Finisher adalah jenis pakan ayam ketiga yang diberikan pada ayam kampung,jika sudah menginjak umur 22 hari – panen.

Sedangkan untuk ayam kampung petelur dibagi beberapa jenis .Adapun jenis pakan ayam kampung tersebut antara lain :

1.Jenis Pakan Ayam Kampung Petelur Fase Pre-Starter

Pakan masa Pre-starter untuk ayam kampung petelur adalah umur 1 - 5 minggu. Pada umur tersebut pemberian yang baik menurut kami adalah pemberian secara tidak terbatas. Cara ini dimaksudkan agar ayam mendapat asupan yang optimal sesuai pertumbuhannya. Pola pemberian yang tidak terbatas pada usia DOC masih sangat sedikit. Pakan menggunakan jenis pre-starter berbentuk mash atau tepung (BR1 yang dihaluskan) agar mudah dicerna oleh anak ayam dan menggunakan wadah yang khusus.

2. Jenis Pakan Ayam Kampung Petelur Fase  Starter

Pakan pada masa Starter diberikan saat ayam kampung petelur berumur 5-10 minggu. Berbeda dengan cara pemberian pada DOC pemberian pada usia ini kami memberi pakan basah dan kering pada pagi hari. Dan kering pada sore hari. Jenis pakan umur ini menggunakan jenis starter dimana berbentuk butiran kecil atau scrumble.

3. Jenis Pakan Ayam Kampung Petelur Fase  Grower

Pakan ayam Grower diberikan saat ayam kampung petelur berumur 11-produksi telur pertama. Pakan diberikan pada wadah dan diatur pola makan yaitu 2x sehari yaitu pada pagi dan sore saja.

Khususnya untuk pmberian pakan ayam dara (ayam muda) menggunakan pakan finisher berupa campuran butiran (bijian) dan pelet. Pakan saat laying phase diberikan pada masa produksi telur hingga penurunan atau masa afkir. Pada ayam petelur (untuk telur tetas) kami menggunakan metode Mash Grain dan metode Prasmanan, dimana kelebihan ini dapat mencukupi kebutuhan ayam yang sedang bertelur. Karena ayam petelur atau sedang mengeram hanya makan 1x sehari yaitu rata-rata pada pukul 08.30 (pagi hari saja).

Demikianlah Mengenal Lebih Jauh Tentang Pakan Ayam Kampung Petelur dan Pedaging.Dengan mengetahui jenis pakan ayam kampung diatas ,dengan egitu para peternak akan lebih selektif memilih pakan ayam ternaknya .Peternak bisa mencampur dengan pakan ayam buatan sendiri dengan meperhatikan atau menguji tingkat kefektifan pakan tersebut.Semoga bermanfaat.
.
.

0 Response to "Mengenal Jenis Pakan Ayam Kampung Pedaging dan Petelur Berdasarkan Usia"

Posting Komentar