MAKANAN YANG DIANJURKAN dan DILARANG UNTUK HAMSTER

Lintas Ternak – Hamster dalah salah satu binatang pengerat yang sangat lucu dan banyak dipelihara oleh anak-anak mapun dewasa.Hewan ini hampir mirip dengan tikus.Hamster juga termasuk hewan omnivora yaitu pemakan segala apabila anda memberika sebuah makanan pasti akan langsung dilahapnya.Tapi mohon dipikirkan ulang dulu apabila anda memberikan makanan asal-asalan akan berdampak tidak baik bagi kesehatan hamster dan anda juga repot pastinya.

Hamster memang memiliki jenis-jenis yang sangat banyak ada yang suka menggigit dan ada juga yang jinak.Apabila anda menginginkan hamster yang anda pelihara dalam keadaan sehat pastinya anda harus selektif dalam memberikan pakan dan minuman.Makanan apa yang baik untuk hamster ? Untuk menjawab pertanyaan anda mari kita simak ulasan berikut ini :

MAKANAN YANG DIANJURKAN dan DILARANG UNTUK HAMSTER

9 MAKANAN BAIK dan MENYEHATKAN BAGI HAMSTER

1.Biji Matahari/Kuaci

Biji matahari atau yang lebih dikenal dengan nama kuaci adalah salah makanan kesukaan hamster.Tapi perlu anda ingat kelebihan biji matahari bisa membuat hamster anda jadi obesitas atau kelebihan berat badan.Apabila terjadi hamster bisa saja mudah terkena penyakit.Solusinya jangan jadikan biji matahari sebagai makanan utamanya berikan secukupnya untuk setiap harinya.

2.Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah salah satu biji-bijian yang kaya akan protein.Pemberian pakan ini sanngat baik untuk pertumbuhan hamster.Pemberian kacang kedelai dalam keadaan kering sangat baik untuk mengasah gigi hamster agar tidak panjang.

3.Kacang Hijau

Biji kacang hijau memiliki kandungan vitamin yang luar biasa didalamnya.Pemberian pakan hamster dengan kacang hijau sangat baik berfungsi sebagai zat pengatur dalam tubuh hamster.Pemberian pakan biji kacang hijau kering juga baik untuk mengasah gigi hamster.

4.Touge

Touge adalah kecambah yang dihasilkan dari biji kacang hijau.Berikan sedikit saja setiap harinya.Touge berfungsi untuk menjaga kesuburan hamster agar mudah untuk bereproduksi.

5.Beras Merah

Beras merah kaya akan karbohidrat.Pemberian karbohidrat yang cukup sebagai sumber energi hamster saat melakukan aktivitas bermain.Selain itu beras merah juga baik dalam perkembangan otak agar hamster anda lebih pintar.

6.Padi/Gabah

Gabah juga akan karbohidrat.Pemberian gabah pada hamster akan memastikan kebutuhan energi akan terpenuhi setiap harinya.

7.Kacang Tanah

Kacang tanah banyak sekali mengandung lemak.Lemak akan disimpan untk cadangan energi.Sebaiknya anda berikan sedikit saja untuk menghndari kelebihan berat badan atau kegemukan.

8.Wortel

Salah satu sayuran yang baik bagi hamster adalah wortel karena memilki zat-zat yang dapat mencegah terjadinya kanker.Berikan wortel dalam keadaan masih mudan dan  segar .Jangan berikan dalam keadaan layu.

9.Makanan Selingan

Berikan makanan berupa biskuit yang khusus buat hamster.Sudah banyak dijual diptes shop jenis makanan ini.Selain itu anda juga bisa memberikan pellet khusus hamster.Berikan secukupnya.Ingat hanya sebagai makanan selingan.

MAKANAN YANG DILARANG UNTUK HAMSTER

Tidak semua makanan baik untuk hamster.Ada juga beberapa makanan yang harus anda hindari karena tidak baik bagi kesehatan hamster.Makanan itu berupa bawang merah maupun putih,seledri.Makanan ini mengandung aroma yang sangat kuat dapat membahayakan kesehatan hamster.Untuk itu pandai-pandaiah memilih makan sehat buat hamster.

ATURAN PEMBERIAN MINUM HAMSTER

Hamster dapat memperoleh minum dari sayur-sayuran.Untuk lebih baiknya anda selalu memberikan minum dengan menyediakan botol minum khusus buat hamster.Jangan dikasih minum yang langsung diambil dari sumur maupun kran usahakan berikan minuman yang sudah dimasak agar terjaga kehigienisannya.Untuk kebersihan botl harus dijaga dan ingat jangan sekali-kali memberikan susu khusus untuk manusia.

Demikianlah beberapa jenis makanan yang sehat dan baik untuk hamster.Tidak semua makanan baik untuk kesehatan hamster namun ada juga makanan yang dilarang diberikan.Pemberian minum juga harus diperhatikan dengan benar.Semoga hamster anda dalam keadaan sehat dan lucu.Semoga bermanfaat.Terima kasih
.
.

0 Response to "MAKANAN YANG DIANJURKAN dan DILARANG UNTUK HAMSTER"

Posting Komentar