Apa Penyebab Kematian DOC Ayam Kampung ? Ini Cara Mengatasinya

Faktor penyebab kematian doc ayam kampung

Lintas Ternak Apa seh penyebab kematian DOC ayam kampung ? DOC (Day Old Chick) adalah sebutan dalam dunia ternak unggas khususnya ayam yang baru berumur 1 hari.Biasanya kematian DOC banyak terjadi pada umur satu hari sampai sebulan.Namun banyak peternak bingung dan tidak mengetahui penyebab kematian DOC tersebut.

Sebenarnya tingkat kematian terbaik adalah 0%,namun itu sangatlah mustahil.Pasti ada beberapa DOC yang akan mati.Akan tetapi dengan managemen yang baik (pakan dan lingkungan) tidak menutup kemungkinan kematian DOC dapat diminimalisir.Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa penyebab kematian DOC ayam kampung dan cara mengatasinya.

1.Bisa Jadi Karena Infeksi

Kandang yang kurang baik dan sangat kotor dapat menyebabkan tumbuhnya mikroorganisme ,yang dapat menyebabkan penyakit tertentu.Apabila anak ayam terinfeksi bisa menyebabkan kekebalan tubuh menjadi menurun drastis.Akibatnya ayam akan menunjukkan gejala penyakit seperti lesu,nafsu makan menurun,demam dll.Anak ayam yang sudah terinfeksi biasanya lebih suka berdiam diri di bawah alat pemanas untuk menghangatkan tubuhnya.Jika ayam tersebut terlalu lama berada dibawah alat pemanas bisa menyebabkan dehidrasi dan tak jarang berujung pada kematian.

Cara menanganinya :

a.)    Usahakan sinar matahri bisa masuk ke area kandang dengan baik
b.)    Peliharalah DOC yang seragam baik umur maupun strainnya
c.)    Mengisolasi unggas yang sudah terjangkit penyakit agar tidk menular
d.)    Menjaga sanitasi lingkungan kandang

2.Kesalahan Pada Saat Transportasi

Pada saat anda melakukan pengiriman DOC sendiri maupun mengangkut DOC dengan tidak hati-hati bisa menyebabkan kematian.Misalnya kondisi jalan yang tidak mulus sehingga terjadi goncangan yang sangat keras,kepadatan tempat pengangkutan tidak terlalu diperhatikan dan mengangkut DOC pada saat terik matahri menyengat tanpa memberikan perlindungan.(Ada beberapa jasa paket khusus hewan yang bisa menangani DOC dengan baik).

Cara mengatasinya :

a.)    Berikan sayuran seperti kecambah dll pada saat pengiriman
b.)    Pilihlah jasa pengiriman barang yang aman dan nyaman bagi ternak
c.)    Pilihlah produsen DOC yang terpercaya
d.)    Memperhatikan kepadatan DOC didalam box

3.Kesalahan Pengaturan Alat Pemanas

Keberadaan alat pemanas mutlak diperlukan ,karena berfungsi untuk membantu oc ayam kampung untuk menghangatkan tubuhnya.Pengaturan antara jarak pemanas dengan litter juga harus anda perhatikan.Perhatikanlah penyebaran anak ayam dibawah alat pemanas,apabila sudah menyebar merata berarti suhu sudah ideal.Tapi kalau anakn ayam menjauhi alat pemanas atau menggerombol dibawah alat pemanas maka suhu alat pemanas masih belum ideal.

Cara Mengatasinya :

a.)    Siapkan alat pemanas cadangan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti mati lampu dll.
b.)    Selalu mengontrol suhu panas secara teratur
c.)    Memilih alat pemanas yang aman dan mudah dalam pengoperasiannya
d.)    Perhatikan jarak alat pemanas dengan litter

4.Kondisi DOC Terdehidrasi

Kondisi ini bisa terjadi ketika dalam pengangkutan dan didalam mesin penetas.Jarak pengangkutan DOC yang terlalu jauh dapat menyebabkan doc terdehidrasi .Selain itu tata laksana penetasan yang kurang baik seperti tingkat kelembaban yang rendah dan suhu mesin tetas yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan dehidrasi.

Cara mengatasinya :

a.)    Perhatikan tata laksana penetasan
b.)    Mengirim DOC yang baru  berumur satu hari (baru menetas)
c.)    Penanganan yang tepat ketika DOC datang
d.)    Memilih dan memperhatikan telur tetas
e.)    Tidak tergiur dengan harga doc yang murah
f.)    Memperhatikan kepadatan pada waktu pengiriman
g.)    Dll

5.Kesalahan Saat Vaksinasi

Ingat kesalahan dalam pemilihan dan pelaksanaan vaksin dapat memberikan dampak negatif buat doc.Waktu yang tepat pemberian vaksin aktif umur 3-4 hari.Kebiasaan yang memberikan vaksin kepada doc yang baru turun dari box,jelas akan merugikan doc yang baru berumur 1 hari yang masih memiliki anti bodi maternal bawaan dari induk.Jika memungkinkan belilah vaksin ditoko yang sudah terotorisasi .Karena kebanyakan kulkas atau pendingin yang tidak standard dapat meneybabkan vaksin mudah rusak.

Cara Mengatasinya :

a.)    Ayam yang kondisi sehat yang boleh divaksin
b.)    Pemilihan waktu yang tepat untuk melaksanakan vaksin
c.)    Memilih jenis vaksin yang tepat
d.)    Konsultasikan doter hewan untuk mendapatkan hasil yang terbaik

Demikianlah beberapa penyebab ktian pada DOC ayam kampung lengkap dengan cara mengatasinya.Semoga dengan adanya artikel diatas dapat menambah wawasan anda tentang penangana doc ayam kampung.Belajar dari pengalaman tetap menjadi hal yang terbaik buat anda.Semoga bermanfaat
.
.

0 Response to "Apa Penyebab Kematian DOC Ayam Kampung ? Ini Cara Mengatasinya"

Posting Komentar