DOC Ayam Kampung : Pemilihan Bibit dan Membedakan Jenis Kelamin

Lintas Ternak Cara Memilih DOC Ayam Kampung Unggul dan Cara Membedakan Jenis Kelamin Anakan Ayam Kampung.Usaha ternak ayam kampung sekarang sangat populer dikalangan masyarakat ternak.Budidaya ayam kampung bisa dilakukan semua orang,selain modalnya tidak terlalu besar,pemeliharaannya juga relatif mudah.Jika usaha ini dilakukan dengan sungguh-sungguh,maka tak heran bisa menghasilkan omzet ratusan juta rupiah setiap bulannya.Permintaan daging maupun telur ayam kampung dipasaran setiap tahunnya terus mengalami peningkatan,namun para peterak belum sanggup memenuhi kuota tersebut.Sehingga bisnis ini masih terbuka lebar bagi siapapun.

Untuk menjalankan usaha ternak ayam kampung tentu ada syarat dan langkah-langkah yang harus anda tempuh,misalnya pemelihaaraan,memberikan pakan yang baik,vitamin dan nutrisi dan memilih DOC (bibit) ayam kampung yang baik.Pemilihan bibit yang berkualitas merupakan salah tips sukses beeternak ayam kampung.Banyak peternak pemula yang gagal dalam menjalankan usaha ini.Hal ini disebabkan kesalahan dalam memilih DOC (bibit) ayam kampung.Dalam memilih DOC ayam kampung,harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1.Keadaan sehat dan jelas indukannya (tidak cacat)
2.Kaki kuta,bulu mengkilap dan bisa berdiri sendiri dengan baik
3.Pergerakannya lincah
4.Keadaan dubur kering dan bulu doc halus
5.Ketika masa brooding ayam tak selalu mendekati sumber panas

Anakan ayam kampung yang mempunyai ciri-ciri diatas termasuk kategori bibit anakan ayam kampung (DOC) yang mempunyai kualitas unggul.Selain membedakan jenis kelamin bibit jantan dan betina juga sangat penting anda lakukan.Karena hal ni sangat berpengaruh terhadapat tujuan anda membudidayaknnya.Apakah anda bertujuan untuk ayam kampung pedaging atau ayam kampung petelur ?

Langkah-langkah Untuk Mendapatkan DOC (Bibit) Ayam Kampung Unggul dan Berkualitas

Biasanya untuk membedakan jenis kelamin bibit ayam kampung jantan dengan betina dilakukan dengan 2 cara yaitu  :

1.Pengamatan Dari Segi Fisik

Dengan mengamati DOC ayam kampung dari segi fisik.Fisik anakan ayam kampung bisa anda patokan untuk membedakan jenis kelamin anakan ayam kampung  betina maupun jantan.Adapun acaranya sebagai berikut :

a.) Biasanya anakan ayam kampung yang sehat,baik betina maupun jantan memang lincah tapi ayam jantan suaranya lebih nyaring.

b.) Pertumbuhan bulu dan bulu ekor ayam jantan lebih cepat dibandingkan dengan anakan ayam betina.

c.) Anakan ayam kamung jantan matanya lebih bercahaya sedangakn betina caanya matanya lebih lemah.

d.) Untuk anakan ayam jantan bentuk tubuhnya lebih besar,pada ,gagah dan tinggi.Sedangkan yang betina tubuhnya lebih pendek dan lembek.

2.Pengamatan Pada Bagian Kloaka

Dengan menggunakan metode melihat kloaka atau lubang posterior dibelakang tubuh,namun metode ini membutuhkan ketrampilan dan pengalaman.Dari cara tersebut kita bisa melihat apakan DOC tersebut jantan ataupun betina.Organ kelamin jantan akan tampak kecil sekali ,bentuknya menyerupai seperti kepala jarum.Sedangkan pada betina bentuk itu jarang ditemukan.Adapun caranya adalah sebagai berikut atau lihat pada gambar diatas.

a.)    DOC yang akan diperiksa jenis kelaminnya dipegang dengan tangan kanan.

b.)    Pada bagian lehernya diapit jari tengah dan manis.

c.)    Posisi badan DOC diarahkan ke bawah, sementara perut bagian bawah diraba memakai jempol dan kelingking tangan kiri.

d.)    Bagian punggung DOC diketuk supaya kotorannya keluar dari kloaka.

e.)    Bagian bawah anus ditekan dan telunjuk diletakkan di bagian kloaka.

f.)    Buka lubang kloaka supaya bagian dalamnya menonjol keluar.

g.)    Amati secara seksama bagian kloaka apakah ada titik. Jika ada, bisa dipastikan bahwa DOC yang sedang dicek berjenis kelamin jantan. Begitu pula sebaliknya.

Catatan : (DOC merupakan singkatan dari Day Old Chick yang merupakan istilah yang digunakan dalam dunia unggas yang masih berumur 1 hari).

Demikianlah Cara Memilih Kualitas DOC Ayam Kampung Unggul dan Cara Membedakan Jenis Kelamin Bibit Ayam Kampung.Semoga dengan adanya artikel diatas bisa menambah pengalaman anda tentang ayam kampung.Semoga anda tidak salah dalam memilih bibit (DOC) ayam kampung dan hasil ternak yang anda jalankan bisa sukses.Terima kasih
.
.

0 Response to "DOC Ayam Kampung : Pemilihan Bibit dan Membedakan Jenis Kelamin"

Posting Komentar