8 Bahan Pakan Ayam Banyak Mengandung Sumber Protein

Lintas Ternak8 Bahan Pakan Ayam Banyak Mengandung Sumber Protein - Jika anda menjalankan usaha ternak ayam kampung,baik itu ayam kampung pedaging maupun ayam kampung petelur ,peran pakan sangat berpengaruh terhadap perkembangan ayam kampung anda.Pakan ayam kampung yang anda berikan harus mengandung banyak vitamin dan nutrisi,salah satunya protein.Jika anda tidak memenuhi nutrisi untuk pakan ayam kampung yang anda ternak,tentu perkembangannya akan terhambat dan alhasil hasil ayam akan terlihat kurus dan kurang sehat.Jika demikian hasil panen anda kurang baik dan anda akan merugi.

Kemarin sudah saya bahas tentang pakan ayam kampung yang mengandung sumber energi.Sekarang saatnya admin akan memberikan pakan yang mengandung sumber protein yang baik untuk perkembangan ayam kampung anda.Ada 8 bahan pakan yang mengandung banyak protein yang akan saya jelaskan dibawah ini :

1.Berikan Ampas Kecap

Ampas kecapa berasal dari limbah olahan kedelai menjadi kecap.Meski mengandung protein sebesar 23,9%.Pemakaian bahan ayam ini harus anda batasi.Mengapa ? karena pakan ini banyak mengandung lemak sebesar 25,3%.Ingat kandugan lemak yang sangat tinggi dapat menyebabkan ransum makan bisa dengan mudah teroksidasi,sehingga pakan mudah sekali tengik.

2.Berikan Tepung Lamtoro

Daun lamtoro yang sudah berbentuk tepung juga cocok dipakai untuk bahan pakan yang mengandung protein. Karena daun lamtoro mengandung protein yang cukup tinggi dan xantofil. Sehingga, baik untuk menguningkan kaki dan kulit ayam kampung.

3.Berikan Bungkil Kelapa

Bungkil kelapa merupakan limbah olahan kelapa menjadi minyak kelapa. Kandungan protein yang dimiliki bungkil kelapa adalah 21-22% dan energi metabolisme 1.895 kkal/ kg. Bahan ini bisa didapat dipasar dengan harga yang murah. Karena itu pemakaiannya bisa sebesar 5-12%.

4.Berikan Ikan Rucah

Ikan Rucah merupakan limbah ikan hasil tangkapan nelayan yang tidak bisa dimakan manusia. Daripada dibuang, maka dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak ayam kampung. Kandungan protein yang dimiliki banyak, yaitu 42-50%. Bahan pakan ini bisa dipakai antara 6-16% dari total campuran.

5.Berikan Ampas Tahu

Ampas tahu merupakan limbah olahan kedelai menjadi tahu. Kandungan protein bahan pakan ini adalah sebesar 22-61%. Untuk dijadikan bahan pakan, ampas tahu bisa langsung dipakai segar yang baru dibeli dari pasar atau dikeringkan dulu. Jika dikeringkan harus diolah dulu. Caranya, diberi ragi tempe supaya terjadi fermentasi selama 2-3 hari.

Keuntungan ampas tahu yang sudah dikeringkan ,pakan bisa lebih awet,meningkatkan daya cerna,meningkatkan palabilitas dan kandungan protein lebih tinggi.

6.Berikan Bungkil Kacang Tanah

Bungkil kacang tanah merupakan hasil ikutan penggilingan biji kacang tanah setelah ekstraksi minyak secara mekanis (expeller) ataupun secara kimia (solvent). Bungkil kacang tanah merupakan bahan pakan sumber protein pada ayam. Penggunaannya dalam ransum terbatas karena mengandung serat kasar yang tinggi.

7.Berikan Tepung Daging dan Tulang

Tepung daging dan tulang merupakan bahan pakan sumber protein hewani. Kualitasnya bervariasi tergantung dari jumlah tulang yang digunakan. Bila tulang yang digunakan untuk membuat MBM tinggi maka terlihat dari kandungan abu atau mineral Ca dan P yang tinggi. MBM sebagai bahan baku pakan sumber protein mempunyai kandungan protein 45% dan dapat menyumbangkan Ca cukup tinggi di dalam pakan.

8.Berikan CDM (Corn Gluten Meal)

Corn gluten meal atau disingkat CGM merupakan bahan pakan sumber protein yang diperoleh dari pengolahan jagung secara basah. CGM memiliki kandungan lisin yang redah sehingga penggunaannya dalam pakan dapat disuplai dengan sumber lisin sintetis. CGM yang baik mempunyai kepadatan sebesar 578 kg/m kubik. CGM mempunyai pigmen xantofil yang lebih tinggi dibandingkan dengan jagung kuning. Pemakaian CGM dalam pakan lebih dari 10% dapat meningkatkan warna kuning pada kuning telur.

Demikianlah 8 Bahan Pakan Ayam Yang Banyak Mengandung Sumber Protein.Protein sangat penting bagi perkembangan ayam anda.Namun ada beberapa jenis bahan pakan ayam diatas yang dibatasi penggunaanya ,karena banyak mengandung lemak tinggi.Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan anda tentang pakan ayam.Semoga bermanfaat.
.
.

0 Response to "8 Bahan Pakan Ayam Banyak Mengandung Sumber Protein"

Posting Komentar