Kelemahan dan Kelebihan Memelihara DOC Ayam Kampung (Super) Media Box

Lintas Ternak –Kelemahan dan Kelebihan Memelihara DOC Ayam Kampung (Super) Media Box -  Untuk menjalankan usaha ternak ayam kampung banyak sekali cara dan tehnik khususnya memelihara DOC ayam kampung maupun anakan ayam kampung super.Tempat untuk memelihara DOC tersebut bisa dilakukan didalam kandang maupun didalam box.Pemeliharaan DOC ayam kampung/super didalam box lebih efisiensi dan cara ini juga digunakan oleh para peternak DOC ayam.

Meskipun pemeliharaan DOC ayam kampung/super didalam box lebih efektif ,namun cara ini juga ada kelebihan dan kekurangannya seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini :

Kekurangan Pemeliharaan DOC Ayam Kampung/Super Menggunakan Media Box


1.Akan lebih banyak memakan tempat
2.Biaya investasi yang akan anda keluarkan semakin tinggi
3.Pemborosan listrik,karena memakai daya ynang bersumber dari listrik
4.Pada saat pemindahan doc ayam mejadi sedikit lebih repot

Kelebihan Pemeliharaan DOC Ayam Kampung/Super Menggunakan Media Box


1.Akan lebih bertahan terhadap cuaca luar
2.Anda tidak perlu mengganti litter
3.Memudahkan anda dalam seleksi dan penanganan
4.Anak ayam tidak mudah tertular penyakit
5.Cukup menggunakan lampu 5 watt dari pada memasang alat pemanas.
6.Kotoran dari anak ayam bisa langsung jatuh kebawah sehingga kadar amoniak lebih rendah.

Namun berbagai kekurangan tersebut dapat diatasi dengan beberapa kelebihan yang sudah saya sebutkan diatas.Sehingga pertumbuhan anak ayam ,bisa seperti yang kita harapkan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Jika Memmelihara DOC Ayam Kampung/Super di Dalam Box


1.Kepadatan Populasi

Jika anda berniat memelihara doc ayam kampung/supe didalam box anda harus perhatikan populasi atau kepadatan ayam.Jangan sampai ayam berdesakan yang membuatnya tidak nyaman.Kelolalah dan atur kepadatan DOC perboxnya sesuai dengan pertumbuhan anak ayam tersebut.

2.Managemen Lampu (Penghangat Suhu)

hal ini sangat penting terutama dalam hal penghematan daya. Gunakan dimmer untuk mengatur secara otomatis intesitas cahaya dari lampu. Atau bisa juga dengan mengganti watt yang lebih rendah mengikuti perkembangan anak ayam. Dan juga matikan lampu pada siang hari.

3.Sirkulasi Udara

Kontrol selalu sirkulasi udara dan disesuaikan dengan pertumbuhan ayam,secara bertahapmembuka kertas semen penutup alas.

4.Pemberian vaksin

Jangan lupa untuk memberikan vaksin terhadap anak ayam ,anda bisa lakukan vaksinasi pada umur  1-4 hari menggunakan vaksin ND.Vaksin bisa kalian dapatkan ditoko yang jual berbagai macam obat dan pakan ternak.

Memelihara DOC ayam kampung/super dengan metode diatas dapat diterapkan hingga anak ayam berumur sekitar 40 hari.Sedangkan untuk ukuran dan bahan box tidak terikat.Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan ruangan yang anda miliki.Semoga bermanfaat.
.
.

0 Response to "Kelemahan dan Kelebihan Memelihara DOC Ayam Kampung (Super) Media Box"

Posting Komentar